Jumat, 02 November 2012

UJIAN TENGAH SEMESTER 2012/2013 SITEM INFORMASI

1. Jelaskan apa saja fungsi dari sistem informasi ?
2. Apakah yang dimaksud dengan data ?
3. Apakah yang dimaksud dengan sistem ?
4. Apakah yang dimaksud dengan informasi ?
5. Sebutkan dan jelaskan elemen-elemen sistem !
6. Jelaskan pengertian arsitektur sistem informasi !
7. Jelaskan perbedaan teknologi informasi dengan sistem komputer !
8. Buatlah flowchart integrasi sistem dari fakultas ke universitas !

JAWABAN
1.
  •  Area fungsional utama dari bisnis yang penting daalm keberhasilanbisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manajemen operasional,pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.
  • Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas dan moralpegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan.
  • Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untukmenyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer dan parktisi bisnis.
  • Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasayang kompetitif, yang memberikan organisasi kelebihan startegis dalampasar global.
  • Peluang berkarier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita.
  • Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, and kemampuanperusahaan bisnis yang membentuk jaringan.
  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa    mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  • Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
  • Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
  • Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
  • SIM untuk Pendukung Pengambilan Keputusan .
2. Pengertian Sistem dalam pengertian yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Kata sistem sendiri berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Sedangkan menurut para ahli, Pengertian Sistem diartikan sebagai berikut :

    Menurut LUDWIG VON BARTALANFY Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu
    antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

    Menurut ANATOL RAPOROT
    Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

    Menurut L. ACKOF
    Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang
    terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu
    sama lainnya.

Mengacu pada beberapa definisi sistem di atas, dapat juga diartikan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).








3. stem adalah sekumpulan elemen atau serangkaian komponen yang salig berhubungan untuk mencapai suatu tujuan yang spesifik atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

4. informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.

5.  1. Tujuan
Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), entah hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali. Tentu saja, tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda.
2. Masukan
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan).

3. Proses
Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lbih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses dapat berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien.

4. Keluaran
Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.

5. Batas