Sabtu, 22 Desember 2012

Merancang website

Rancangan website menjual  produk


keterangan : 
  • Untuk paling utama dan paling atas dalam sebuah website yaitu Header yang berfungsi untuk memberikan Title atau judul dari sebuah website .
  • Selain itu ada menu-menu yang disajikan seperti pada gambar diatas yaitu home, produk, promo, dan about. apabila salah satu menu pilihan tadi kita klik maka akan muncul isi dari menu tersebut dan akan ditampilkan pada halaman utama.
  • Kolom Menu layanan berisi semua layanan dan paket penawaran Indosat. 
  • Banner berisi gambar-gambar yang menjadi ciri khas produk atau slogan dari produk tersebut 
  • Footer 
Jangan sampai calon konsumen Anda buru-buru meninggalkan situs Anda hanya karena mereka tidak nyaman dengan desain situs Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini supaya Anda bisa menahan konsumen lebih lama di situs Anda, dan website memiliki kemampuan untuk menjual. 
  1. Buatlah Huruf-Huruf Yang Jelas
    Dalam proses pembuatan web tentunya kita ingin pesan yang ditampilkan bias dimengerti. Coba cek jenis huruf dan ukuran yang Anda gunakan. Kemudian Anda baca tulisan Anda dari jarak yang normal. Tulisan yang terlalu kecil membuat orang harus mengerutkan dahinya. Sementara tulisan yang terlalu besar juga tidak enak di mata.Jadi tulisan Anda harus nyaman dibaca, termasuk juga dalam penggunaan spasi.
  2. Kurangi Gambar-Gambar Yang Besar
    Dalam pembuatan website kurangi gambar-gambar yang terlalu besar membuat halaman situs Anda lama loadingnya. Orang akan terganggu jika harus menunggu terlalu lama untuk gambar dan grafik-grafik sebelum semua halamannya terbuka. Dengan desain website yang bagus disertai gambar bagus juga tentunya membuat menarik. Bagian penting dari situs Anda harus bisa terbuka dengan cepat supaya Anda tidak kehilangan pengunjung.Ada yang bilang, sebuah situs harus terbuka maksimal dalam 15 detik. Jika lebih dari itu orang akan menutup situs Anda dan mencari situs yang lain.
  3. Konten Bisa Menjual Produk atau Jasa Anda
    Selalu update konten Anda karena itu bisa menjual produk Anda. Search Engine sangat suka dengan konten, apalagi konten yang fresh yang relevant dengan keyword Anda.Tidak perlu menulis konten yang terlalu panjang dan kaku. orang akan bosan. Buatlah konten dengan paragraf-paragraf kecil dan gunakan spasi. Pembuatan website desain seperti itu akan lebih mudah dibaca pengunjung.
  4. Miliki Petunjuk Arah Yang Jelas Desain website yang baik harus memiliki petunjuk arah yangbaik untuk para pengunjung.Mereka harus bisa dibawa dari satu halaman ke halaman lain dengan benar.Link petunjuknya pun harus mudah dibaca. Artinya jenis huruf, tulisan dan warna harus bisa membuat link petunjuk mudah dibaca dan ditemukan orang.Perlu juga Anda tambahkan link “Kontak” dan “Tentang Kami” di situs Anda. Ini berguna untuk menunjukkan kredibilitas situs Anda.Konsumen bisa menanyakan pada Anda hal-hal yang mereka belum jelas. Dengan begitu Anda membangun hubungan dengan konsumen.Dan biasanya orang akan lebih percaya melakukan transaksi dengan orang yang punya hubungan dengannya. Tentunya banyak sekarang kemudahan dengan banyaknya software aplikasi maupun software web lainnya.
  5. Tes Situs Anda Sekarang berperanlah seakan-akan Anda orang lain yang sedang mengunjungi aplikasi website situs Anda.
    •  Tes semua link-nya, apakah semuanya sudah berjalan dengan baik atau masih ada broken link? 
    • Hitung waktu loading-nya, terlalu lama atau cukup cepat? 
    • Apakah konten-nya mudah dibaca dan dimengerti?
    • Bagaimana tampilan grafik dan gambarnya?Bagaimana juga dengan warna desain Anda, cocokkah dengan isi website?
    • Dan jangan lupa juga dicek, apakah ejaan hurufnya tidak ada yang salah?Bacalah situs Anda seakan-akan Anda konsumen.
    • Kemudian tanyakan pada diri Anda, sebagai konsumen apakah Anda tertarik membacanya aplikasi website dan bahkan mau membeli apa yang ditawarkan?Jika jawabannya “Ya” maka desain situs Anda sudah baik.
    Tapi jika jawaban Anda “Tidak” maka perbaiki dulu sebelum Anda mulai mempromosikan situs Anda. 
Berikut adalah hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai pemilik web dalam melakukan rancangan website baru untuk disampaikan kepada si pembuat website : 
  • Melakukan survei dengan mesin pencari (seperti google) tentang contoh situs yang sudah ada dan situs pesaing bisnis yang sudah muncul. Pelajarilah dengan seksama terhadap situs tersebut, jika perlu tulislah poin-poin penting yang menjadi andalan situs tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan isi situs yang akan ditampilkan.
  • Dari hasil survei tersebut, tulislah keinginan Anda tentang isi situs yang akan dibuat secara detail. Catatan tersebut menjadi acuan untuk memilah-milah bagian yang penting dan yang tidak penting. Jika memiliki anggaran yang terbatas, maka poin-poin yang penting dapat didahulukan untuk ditampilkan.
  • Buatlah sketsa tata letak halaman (coretan di atas kertas menggunakan pensil untuk membuat kotak-kotak yang dinamai). Bayangkan tentang tata letak (layout) web yang akan dibuat, Susunlah bagian yang akan ditonjolkan (eye-catching) pada atas terlebih dulu dan yang tidak penting pada bagian yang lain. Usahakan membuat pula halaman lain jika masing-masing halaman terdapat perbedaan bentuk. – Susunlah kata kunci (keyword) yang digunakan sebagai acuan pencarian. Pikirkanlah secara seksama tentang isi situs Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat agar pengguna dapat menemukan situs Anda secara cepat berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Jika memiliki beberapa kata kunci, urutkan kata kunci tersebut berdasarkan prioritas. (misal: datakom, lintas, buana, penebit, buku, bermutu).
  • Periksa kembali data-data dalam situs sebelum di-launching. Hal ini untuk memudahkan dalam perbaikan situs sebelum diletakkan secara on-line.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar